Festival Topeng Nusantara 2010


Festival Topeng Nusantara 2010 akan digelar di resort Sankanhurip – Cirebon 15-17 Oktober 2010

Seni Topeng telah menjadi salah satu bentuk ekspresi seni paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia. Pada sebagian masyarakat dunia, topeng memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai-nilai magis dan suci. Ini karena peranan topeng yang besar sebagai simbol-simbol khusus dalam berbagai upacara dan kegiatan adat yang luhur. Kehidupan masyarakat modern saat ini menempatkan topeng sebagai salah satu bentuk karya seni adiluhung.

Tidak hanya keindahan estetis yang dimilikinya, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah topeng tetap mampu memancarkan kekuatan magis. Sebagai seni pertunjukan topeng merupakan perpaduan dari berbagai jenis kesenian yang memiliki nilai-nilai luhur dan memiliki bentuk karakter seni seperti seni rupa,drama, sastra, musik, tari dan ukir. Disamping itu topeng juga memiliki perspektif hiburan dan pendidikan.

Festival Topeng Nusantara akan mengemban upaya pelestarian nilai tradisi budaya bangsa dan upaya peningkatan industri kreatif berbasis budaya lokal sebagai salah satu tulang punggung ekonomi rakyat.

Festival Topeng Nusantara 2010 akan menampilkan Topeng dari 8 Provinsi di Indonesia yakni : Tari  Topeng Gundala-gundala dari Sumatra Utara, tari Topeng Gurogudho dari Jawa Timur, Tari Topeng Hudog dari Kalimantan Timur, Teater tradisional Cupak Gerantang dari NTB, Tasri Topeng Tenget dari Bali, Tari topeng Gandrung dari Jawa Tengah, tari topeng Cirebon dari Jawa Barat.

~ by antiyank on September 26, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: