PEMBELAJARAN TARI BERBASIS TEKNOLOGI

Dunia pendidikan tari di Indonesia haruslah sampai pada pemanfaatan tehnologi komunikasi dan informasi secara maksimal. Walaupun infrastruktur dari tehnologi itu sendiri belumlah merambah ke seluruh negeri dengan merata. Terlebih lagi pemanfaatannya dalam dunia pendidikan.

Kebanyakan pengguna sarana tehnologi masih terkungkung oleh keasyikannya berlama-lama di depan komputer dan menikmati kecanggihan sarana dan prasarananya ber internet ria dan bermain game. Padahal jelas pengembangan mutu dan akses pendidikan dalam kerangka geografis Indonesia yang mempunyai wilayah yang sangat luas dari Sabang sampai Merauke merupakan sebuah tantangan.

Dalam tulisan ini yang dimaksud pembelajaran tari yang berbasis tehnologi (e learning) adalah kemungkinan pemanfaatan tehnologi menjadikan satu nomor tari yang direkam dalam video akan menjadi satu CD interaktif yang akan membuat orang untuk belajar menari tanpa bertemu lansung atau bertatap muka dengan orang yang dapat menari atau seorang guru tari. Yang berarti seseorang akan dapat belajar tari sendiri tanpa guru melalui e learning.

Tentunya hal ini akan membuka akses yang tiada batas dalam pembelajaran tari di Indonesia. e learning sebagai sebuah proses pembelajaran akan mengiringi perkembangan budaya, dimana tari turut berperan didalam perkembangan tadi lewat nilai-nilainya yang berperan aktif sebagai pembentuk karakter bangsa dapat berlansung efektif dan efisien.

CD interaktif sebagai pembelajaran tari dapat pula dimanfaatkan sebagai arsip yang tentunya untuk saat-saat yang akan datang kita akan masih bisa belajar tari pada guru-guru yang handal di masa sebelumnya melalui peninggalan rekamannya.

ratohduek

~ by antiyank on March 8, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: